Identitas Jawa Dalam Bingkai Kolonialisme: Meninjau Lukisan Potret Diri Raden Saleh Sjarif Bustaman Karya Friedrich Carl Albert Schreuel (1840)
Abstract
Lukisan portrait Raden Saleh Sjarif Bustaman (1807-1880), seorang sosok pelukis pionir Indonesia yang dianggap membuka jalan seni rupa modern di Indonesia, yang dibuat oleh seorang seniman Eropa, Friedrich Carl Albert Schreuel (1773-1853) sebagai tribute terhadap dirinya, dan bisa dianggap pertama kalinya sosok Raden Saleh teridentifikasi di dunia Seni Rupa Barat yang kemudian, memunculkan narasi kuasa dan simbol identitas jawa yang dibungkus lewat bingkai kolonialisme pada masa itu. Visual yang muncul menceritakan upaya-upaya mengkonstruksi konteks kolonial dan identitas yang pada akhirnya akan menjadi kilas balik keterkaitan kolonialisme dan narasi sejarah nusantara yang muncul secara eksplisit di masa itu.
Keywords
Raden Saleh, Western Modern Art, Portrait Painting, Graphic Art, Visual Literacy